Cari Tahu Penyebab Kerusakan Pada AC Split Anda!

Kerusakan Pada AC Split

Masalah AC kadang memang menjengkelkan. Udara dingin yang seharusnya kita rasakan malah terganti dengan keringat dan hawa panas karena AC tidak bekerja sebagaimana mestinya. Apa saja kerusakan pada AC? Apa sumber masalahnya? Nah, simak ulasan berikut agar kita semakin mengenali AC yang kita punya. accalls – layanan service ac depok, service ac jakarta, service ac bogor, service ac tangsel, service ac tangerang akan memberikan tips tips kerusakan ac

Mengapa AC Tidak Dingin?

 

Punya AC tapi tidak bisa memberikan hawa sejuk dan dingin tentu menjadi hal yang paling menyebalkan bagi kita semua. Bila AC tidak mengeluarkan udara dingin, jelas bahwa AC tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dampak dari AC yang tidak dingin yang paling terasa adalah kondisi stres dan ketidaknyamanan dalam beraktivitas akibat hawa panas yang meningkat, apalagi di ruangan yang ventilasinya tertutup karena instalasi AC.

Unit AC pada dasarnya terdiri dari dua bagian, yakni evaporator (unit yang dipasang di dalam ruangan) dan kondensor (unit yang dipasang di luar ruangan). Sesuai namanya, evaporator ini adalah mesin blower yang bertugas menghembuskan udara dingin yang dihasilkan oleh kondensor. Kesimpulannya, jika tak ada udara dingin yang keluar dari evaporator, kondensor mungkin tidak bekerja. Ada banyak kemungkinan lain yang menjadi penyebab AC tidak dingin, di antaranya adalah unit AC yang kita pilih memiliki besar PK yang terlalu kecil dibandingkan dengan luas ruangan yang seharusnya; Refrigerant (R22) Gas atau yang biasa kita sebut sebagai Freon yang sudah habis akibat kebocoran di pipa atau evaporator; Kondensor yang terlalu kotor mengakibatkan ketidakmampuan dalam menghasilkan udara dingin; Pengaturan suhu yang terlalu tinggi yang tak sebanding dengan kondisi suhu lingkungan sekitar; Evaporator yang kotor juga menyebabkan hembusan udara dingin yang keluar menjadi lemah; dan penempatan AC yang salah sehingga udara yang dialirkan tak bisa menyebar ke seluruh ruangan. Oleh karena itu service ac secara rutin akan membantu menjaga agar ac tetap dingin

Mengapa AC Bocor dan Air Menetes?

 

Seringkali tak hanya udara dingin yang keluar, AC juga malah meneteskan air dalam jumlah yang cukup banyak. Bukannya duduk santai menikmati udara dingin sambil melakukan aktivitas, kita malah disibukkan oleh kegiatan menampung air tetesan, mengepel lantai basah akibat banjir air tetesan, hingga memindahkan benda-benda yang tidak boleh terkena air untuk menghindari risiko rusak atau konslet karena terhubung listrik.

Dilihat dari sistem kerja AC pada umumnya, di dalam evaporator AC terdapat air kondensat (cairan hasil pengembunan uap) dan dibuang melalui saluran drainase (pembuangan). Nah, bila saluran drainase itu tersumbat oleh kotoran debu yang mengeras dan menggumpal, air tak bisa mengalir dengan lancer sehingga akhirnya terbendung dan mengalir melalui mulut AC. Kemungkinan lainnya yang menjadi penyebab AC bocor (air menetes) adalah pemasangan pipa saluran pembuangan air yang tidak benar dimana posisi evaporator tidak lebih tinggi dari posisi kondensor sehingga air tidak mengalir dengan lancar.

Mengapa AC Mengeluarkan Suara Berisik?

 

AC di rumah seringkali digunakan pada saat waktu istirahat, sedangkan AC di kantor digunakan pada saat jam-jam bekerja. Bayangkan bila waktu istirahat dan waktu bekerja kita terganggu akibat suara berisik yang dihasilkan oleh unit AC yang terpasang. Tidur anak terganggu, tetangga keberisikan, distorsi suara TV, konsentrasi kerja terpecahkan, pembicaraan dalam meeting yang terganggu, dan segudang masalah lainnya yang diakibatkan suara berisik dari AC.

Yang namanya barang elektronik, sepatutnya berfungsi sebagaimana mestinya, AC mengeluarkan udara dingin, bukan mengeluarkan suara layaknya speaker. Bila ada suara-suara aneh yang keluar dari AC Anda, beberapa penyebabnya antara lain adalah bisa jadi ditimbulkan akibat adanya baut yang kendor, sabuk belt yang longgar, bearing kompresor kendor dan menjadi berisik akibat getaran mesin; dudukan air conditioner yang tidak rata; dan getaran yang disebabkan oleh evaporator dan kondensor yang kotor.

Accalls layanan service ac depok, service jakarta, service bogor, service tangsel, service tangerang, service bekasi memberian layanan service ac berkualitas

Mengapa AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap?

 

Bau tak sedap ternyata tak hanya berasal dari sampah. Beberapa elektronik kita pun bisa menghasilkan bau tak sedap. Mesin cuci bau karena air perendaman yang terlalu lama, Kulkas bau karena jenis makanan yang kita simpan berbau tajam, lalu bagaimana dengan AC? AC berbau tak sedap bisa menyebarkan aromanya yang membuat hidung terjepit tangan ke mana-mana, bahkan hingga ke sudut-sudut ruangan.

Bau tak sedap pada AC bukan berasal dari adanya kebakaran kecil pada komponen-komponen AC seperti yang mungkin selama ini dipikirkan oleh sebagian orang awam. Penyebab pertama bau tak sedap pada AC adalah berasal dari bakteri dan jamur yang menumpuk yang di dalam evaporator yang kotor akibat AC yang tak pernah dibersihkan. Bahkan jika baunya sudah sangat menyengat, diperlukan pembersihan dengan cairan kimia agar baunya benar-benar hilang dan semua kuman dibasmi. Penyebab kedua bau tak sedap pada AC adalah berasal dari kebocoran refrigerant dan oli yang keluar dan tercampur dengan udara yang keluar. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan perbaikan kebocoran pada evaporator dan service cleaning agar oli yang keluar dari evaporator bersih dan tidak menimbulkan bau.

Mengapa Remote AC Sering Macet?

 

AC adalah alat elektronik yang sangat membutuhkan kehadiran remote controluntuk setiap penggunaan fungsinya. Tanpa remote, akan sangat repot bagi kita untuk menyalakan dan mematikan AC hingga mengatur suhu secara manual. Hal ini dikarenakan kita harus terpaksa naik dan turun tangga atau benda-benda tinggi lainnya untuk meraih tombol power yang ada di sudut depan AC yang sulit dijangkau langsung.

Banyak yang mengira masalahnya berasal pada remote itu sendiri sehingga banyak orang yang langsung saja membeli baterai baru, padahal baterainya masih bisa dipakai. Banyak juga yang mengira masalahnya pada kualitas mesin pada remote sehingga mereka langsung membeli remote baru. Bila kedua hal itu sudah dilakukan, namun remote masih tidak bisa berfungsi pada AC, masalah sebenarnya ada pada sensor AC yang ada di unit indoor yang rusak karena sering terkena air akibat tetesan air akibat evaporator yang kotor (seperti yang sudah dijelaskan pada ‘Mengapa AC Bocor dan Air Menetes?’). Service ac bocor atau netes dapat dilakukan dengan pembersihan ac yang maksimal.

Mengapa AC Bisa Mati Total?

 

Sedang enak-enak menikmati udara dingin dari AC, tiba-tiba AC mati. Kepanikan pasti melanda kita sebagai pemilik karena mengira AC sudah rusak parah dan harus diganti baru. Pertolongan pertama pada kepanikan saat AC mati adalah memeriksa stop kontak, apakah tercabut atau aliran listrik terputus, demi memastikan apakah kematian AC itu disebabkan oleh hal-hal yang tak berhubungan dengan komponen AC di dalamnya.

Penyebab AC mengalami mati total hingga tidak bisa beroperasi sama sekali adalah tidak adanya arus listrik yang masuk ke unit AC. Masalah ini bisa disebabkan oleh sekering putus atau sambungan kabel yang kendor, putus, atau terbakar. Penyebab kedua AC mati total adalah PCB (printed circuit board) yang rusak atau eror. Kerusakan PCB ditandai oleh adanya tulisan [Err], [P0], [P1], atau kode lain yang muncul pada LCD display indikator unit AC indoor. Bila AC Anda tidak dilengkapi dengan layar semacam itu, kerusakan bisa ditandai adanya nyala lampu LED indicator yang berkedip-kedip. Kerusakan PCB indoor seringkali disebabkan oleh putusnya sekering (fuse) dan kabel-kabel yang berpotensi harus diganti dengan PCB baru.

 

Semua masalah Anda tadi, bisa diselesaikan oleh teknisi terpercaya, profesional, dan informatif dari AC CALLS! Download aplikasinya dan dapatkan banyak keuntungannya!

accalls layanan service ac berkualitas : service ac depok, service ac jakarta, service ac bogor, service ac tangsel, service ac tangerang, service ac bekasi.

ORDER SEKARANG : KLIK DISINI