MODUL AC ERROR, INI SOLUSINYA

PERBAIKAN MODUL PCB KONTROL AC

Jenis PCB Kontrol

Modul  PCB control unit AC merupakan bagian terpenting dalam system tata udara maupun pendingin  yang mengatur kerja keseluruhan unit AC. Modul PCB control mengatur seluruh proses yang berkaitan dengan kerja kompresor, kontrol suhu, on – off dan kontrol kerja unit. PCB control terdiri atas berbagai komponen utama meliputi sensor, IC program, thermistor, trafo dan relay. Apabila salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan maka fungsi PCB sebagai pengontrol kerja AC menyebabkan AC tidak berfungsi secara normal. Oleh karena itu tindakan service ac pada bagian modul PCB harus memperhatikan faktor pengukuran yang tepat.

Jenis Modul PCB Kontrol AC :

  1. Modul PCB system Relay
  2. Modul PCB Sistem SCR/TRIAC

Penyebab Kerusakan Komponen PCB

Kerusakan komponen elektronik yang terdapat di PCB dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang akan diketahui saat service ac,antara lain :

  1. Fluktuasi tegangan listrik PLN yang tidak stabil 220 Volt
  2. Usia komponen elektronik
  3. Terkena air kondensasi evaporator maupun air saat proses cleaning
  4. Korslet/terbakar
  5. Human error

Mengatasi  PCB Kontrol AC Standard Error

Kerusakan komponen AC dapat diketahui dari gejala yang terjadi maupun dari kode yang muncul di display unit indoor. Pada AC konvensional, kerusakan komponen modul PCB dapat diketahui  dari gejala yang terjadi  diantaranya

  1. Kerusakan sekering (fuse)

Jika AC mati total,  salah satu indikasi nya adalah sekering putus. Periksa dengan multitester pada skala 1xohm. Jika jarum multitester tidak bergerak maka fuse dalam kondisi rusak.

  1. Kerusakan sensor

Jika AC tidak bisa diremote, maka pastikan kondisi remote dapat berfungsi dengan baik. Bila fungsi remote ac tidak ada kerusakan maka komponen PCB kontol mengalami kerusakan. Jika seluruh jaringan kabel tidak ada masalah maka kemungkinan besar adalah bagian sensor. Lakukan pengecekan tegangan pada pin sensornya harus ada tegangan 5 volt (pin vcc) dan 3,5-4,5 Volt (pin IR). Jika tegangan nya benar maka coba arahkan remote ac pada sensor sambil mengukur tegangan IR. Tegangan yang terukur pada pin IR harus naik turun dalam interval 3,5 – 4,5 volt.

  1. Kerusakan thermistor

AC mati dapat disebabkan oleh kerusakan termistor. Thermistor bekerja berdasarkan perubahan suhu. Jika suhu didalam ruangan sudah tercapai maka Kerusakan thermistor dapat diketahui dengan mengecek tegangan DC (VDC)  thermistor dalam kondisi terhubung ke controller dengan menggunakan multitester. Jika pada suhu kamar (250C) maka VDC yang terukur adalah 2,5 VDC, namun jika tegangan yang terukur 5 VDC berarti ada thermistor rusak.

  1. Kerusakan IC program

IC program merupakan mikrokontroller yang mengatur program kerja unit AC.  Salah satu indicator IC program rusak adalah AC mati total. Kerusakan IC dapat terjadi akibat shortcircuit. Untuk memastikan IC program rusak bisa dicek  dengan  cara jika diberikan tegangan masuk namun IC tidak bekerja maka IC rusak.

  1. Kerusakan pin konektor PCB dan jalur PCB di modul
  2. Kerusakan Jaringan Power supply dan sirkuit switching

Bila lampu indicator tidak menyala sama sekali maka kemungkinan ada kerusakan di bagian blok rangkaian power supply PCB control. Namun hal ini perlu pengecekan menyeluruh termasuk pengecekan sekering, diode, mosfet, elco maupun resistor pada saat service ac.

Baca Juga :

  1. Modul AC Rusak Diganti Modul Universal, Apa Pengaruhnya???
  2. Penyebab AC Tiba-Tiba Mati Sendiri?
  3. KELEBIHAN SERVICE AC ONLINE YANG MEMBUAT ANDA YAKIN

Mengenali  & Mengatasi kerusakan PCB control AC Smart

Kerusakan modul PCB control AC smart lebih mudah diketahui berdasarkan kode error yang muncul di display modul elektronik. Kode error berupa kode seperti :  Err, PO, P1 dll memiliki arti sesuai standar yang ditetapkan pabrik AC. Setiap merk AC memiliki ketentuan kode error yang berbeda. Contoh ERROR H6 pada salah satu merk AC mempunyai arti kerusakan pada motor/fan indoor.

Kode ERROR yang muncul pada display AC tentu akan memudahkan teknisi maupun konsumen untuk mengetahui kebutuhan service AC sesuai permasalahan. Untuk mengetahui lebih detail tentang KODE ERROR, anda bisa mendapatkannya melalui service center AC maupun teknisi AC. umumnya teknisi AC berpengalaman sudah memiliki daftar kode error setiap AC sesuai merk. Kenali kode error ac anda maka anda akan tahu masalah ac anda. Jika anda butuh bantuan service ac maka anda download aplikasi accalls di playstore, anda tinggal klik aplikasi service ac online accalls.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by