Penyebab AC Tiba-Tiba Mati Sendiri?

PENYEBAB AC MATI SECARA TIBA TIBA

“Baru dinyalain…AC mati sendiri”, dinyalin lagi … mati lagi.

Mungkin kejadian AC mati tiba tiba seperti ini pernah terjadi pada AC anda. Apa penyebabnya dan apa yang akan dilakukan oleh teknisi AC untuk memperbaiki AC sering mati sendiri akan kami bahas secara detail untuk jenis AC split.

PERMASALAHAN KOMPONEN ELEKTRONIK AC

Komponen elektronik AC berfungsi untuk mengatur kerja unit indoor yang meliputi pengaturan suhu, pengaturan on-off, pengaturan aliran udara, pengaturan waktu (timer) dan pengaturan otomatis lainnya. Pengaturan yang berkaitan dengan AC mati tiba tiba ada pada komponen berikut ini :

  1. Termistor (mata kucing)

Termistor adalah sensor yang mengatur suhu ruangan. Jika suhu dalam ruangan sudah tercapai secara maksimal maka thermistor akan mengatur agar kompresor berhenti bekerja. Sehingga secara otomatis unit outdoor akan diperintahkan off oleh system. Kerusakan pada thermistor biasanya ditandai oleh AC tidak bisa diremote  dan AC mati sendiri secara tiba tiba.  Jadi jika AC mati tiba tiba maka termistor tidak berfungsi dengan baik

Kasus lainnya jika setelah cuci AC tidak bisa dinyalakan dengan remote maka kemungkinan juga termistornya terkena air. Hal ini biasanya diatasi oleh teknisi AC dengan cara membersihkan atau “sedikit memanaskan” thermistor tersebut.

Baca juga Sejarah Penyejuk Udara

  1. Modul elektronik

Voltage atau tegangan listrik yang tidak sesuai dengan voltage yang diminta oleh unit AC untuk bekerja dapat menyebabkan modul elektronik error. Jika terjadi kerusakan modul elektronik maka sebaiknya ganti modul tersebut sesuai spesifikasi AC tersebut atau pilihan lainnya dapat menggunakan “modul universal” plus remote. Kerusakan modul dapat juga terjadi karena karena ada jalur yang korsleting. Hal ini dapat diperbaiki dengan cara memperbaiki jalur di PCB yang rusak.

  1. Switch

Switch atau tombol on-off berfungsi sebagai saklar untuk menyalakan dan mematikan unit AC. Jika kerusakan terjadi pada switch maka disolder. Namun jika masih belum bisa nyala maka ganti switch dengan yang baru.

  1. Timer

Timer berfungsi mengatur kapan AC harus menyala dan kapan akan mati. Kerusakan yang terjadi pada umumnya karena setting timer masih aktif. Atur kembali (setting) melalui remote control agar timer nya dalam kondisi mati

PERMASALAHAN KOMPRESOR

Permasalahan yang lebih besar adalah jika pada saat dinyalakan AC nya dalam waktu kurang dari 10 menit AC tiba tiba mati. Dinyalakan lagi…. Lalu mati lagi. AC hanya bekerja (menyala) dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan kerja kompresor sudah tidak maksimal sehingga konsumsi daya listrik menjadi lebih tinggi. Biasanya hasil pengukuran dengan tang ampere menunjukkan Arus yang tinggi. Dan kadang kadang disertai listrik turun. Cara mengatasi AC mati tiba-tiba dalam waktu kurang dari 10 menit  adalah melakukan perbaikan kompresor. Namun jika AC mati total maka perlu analisa lebih lanjut mengenai kompresornya dan modul elektroniknya

Jadi jika AC mati tiba tiba maka solusi yang termudah adalah cek timer, lalu cek saklar on-off. langkah berikutnya jika belum ada solusi maka carilah service ac berpengalaman.

ORDER SERVICE AC : KLIK DISINI

 

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by