Cuci AC – accalls pt

Cuci AC Rutin

Cuci Sesuai Kondisi

AC memang sangat membutuhkan perawatan dan control yang benar. Tapi yang perlu di perhatikan, bahwa waktu untuk melakukan pemeliharaan tersebut seperti mencucinya  harus memperhatikan tingkat penggunaan dan berapa banyak debu yang mungkin masuk ke dalamnya. Jangan sampai karena seringnya di lakukan pembersihan dan terkena air, AC malah menjadi cepat rusak. Tentunya ini malah merugikan dan harus di service ulang karena AC menjadi mati.

Pemeliharaan dapat menjadi penentu AC tetap baik maupun rusak. Apabila di lakukan dengan benar, tentunya tidak akan terjadi kesalahan dalam menentukan posisi dari setiap komponen dan juga tidak akan salah dalam membereskannya kembali. Jangan sampai ketika di bongkar, setiap komponen tidak terpasang dengan kuat yang membuat kerja AC Split tidak seperti semula.

Jangka Waktu Perawatan/cuci ac

Sebenarnya dalam merawat AC terdapat beberapa jangka waktu yang harus di perhatikan. Dan perawatan ini terbagi dalam beberapa bagian yang harus di jalankan dengan baik. Di mulai dari control, perawatan dengan mengontrol bisa di lakukan kapan saja. Karena mengontrol berarti memperhatikan beberapa gejala keanehan apabila terjadi. Rasakan setiap harinya apakah udara yang di hasilkan tetap sejuk, dan deteksi apabila terjadi sesuatu yang tidak biasanya pada AC Split. Selanjutnya pengecekan bisa di lakukan dalam waktu 2 minggu sekali. Pengecekan ini cukup dengan melihat kondisi indoor dan outdoor unit dari luarnya saja. perhatikan apakah ada komponen yang berkarat, atau apakah ada debu yang menempel. Jika sudah mulai terlihat kotoran maka bersihkan dengan hati-hati. Setelah itu oerasikan kembali AC Split tersebut. Dan yang terakhir adalah bentuk dari pemeliharaan dengan jangka waktu perbulan. Pemeliharaan ini dilakukan kurang lebih setiap 3-4 bulan sekali atau disebut pemeliharaan besar-besaran. Agar pemeliharaan bulanan ini lebih efektif, maka lakukan hal-hal berikut :

  • Persiapan pengecekan awal cuci ac

Langkah service ac dalam cuci ac  harus di persiapkan dengan baik dan benar. Untuk tahapan awal lakukan pengecekan biasa. Seperti menyalakan AC terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. Lalu ukur temperature udara, putaran kipas, besarnya arus sampai tekanan refrigerant (pengukuran tekanan hanya dilakukan jika ada indikasi bocor freon) Dan catatan hasil dari pengecekan tersebut. selepas itu matikan kembali AC juga stop kontaknya.

  • Persiapan cuci ac unit indoor dan outdoor

Tahapan service ac dalam cuci ac adalah melakukan  pembersihan indoor dengan benar. Dari mulai membuka tutup atau casing indoor. Pastikan semua komponen aman dari air dengan menggunakan plastic. Setelah itu bersihkan menggunakan sabun dan semprot sampai bersih kembali. Lalu setelah semua dibersihkan, keringkan dengan cepat menggunakan lap.

  • Finishing cuci ac

Membersihkan air sekitar benda yang di bersihkan dan keringkan sampai benar-benar kering. Lalu periksa kembali bagian-bagian dari indoor dan outdoor yang telah di bersihkan.

  • Pengecekan akhir cuci ac

Setelah melakukan cuci ac dengan benar, maka AC bisa langsung di nyalakan. Tapi lakukan juga pengecekan tahapan akhir ini dengan menguji fungsi dari remote control apa masih berfungsi dengan baik. Dengarkan pula suara yang di keluarkan AC Split apa masih normal atau tidak. Dan yang terakhir cek arus listrik yang ada untuk mengetahui kenormalannya.

Urutan tahapan-tahapan cuci ac harus di lakukan untuk membuat AC Split tetap bekerja dengan baik. Proses pengontrolan cuci ac harus sangat tepat agar mencegah kerusakan ringan, proses pengecekan sangat tepat untuk mengetahui apabila ada komponen yang tidak berfungsi dan proses pemeliharaan sangat tepat untuk mengetahui kondisi AC secara keseluruhan. Jadi lakukan semua tahapan tersebut sesuai prosedur dalam melakukan cuci ac .

ORDER CUCI AC : KLIK DISINI